Minggu, 13 November 2011

haru-biru prosesi wisuda Unpad

sebelumprosesi, by Hida's BB
Waktu itu gw masuk Granus (Grha Sanusi Hardjadinata) sekitar jam 13.30 sedangkan temen2 gw yg lain udah masuk duluan,, rasanya campur aduk waktu masuk gedung yg bersejarah bagi setiap mahasiswa Unpad,, menduduki kursi yang bersarung putih, lengkap dengan no.dan nama wisudawan/wati, gw tepat berada di no. 26,, dekat dgn teman2 yg lain,, sebelum acara dimulai pukul 14.00, kita latihan nyanyi Hymne Unpad&Almamater, tentunya dengan vokal utama dari temen2 PSM (paduan suara mahasiswa), dan kita mengikuti , tauu gak sih..? gw bener2 gak sanggup banget saat itu, menyanyikan sepatah kata dari lirik tsb pun terasa mngharukan,, gw ngerasa semua ini sudah berakhir, hari ini gw akan melepas status mahasiswa, hari ini akhir dari empat tahun lalu saat gw memulainya, saat gw pertama kali melihat,tau dan bertemu Rektor yang sama (untungnya Pak Ganjar Kurnia terpilih lagi menjadi rektor selama gw kuliah), empat tahun lalu gw masih pake seragam SMA senangnya bukan maenn waktu prosesi penerimaan mahasiswa baru digedung ini, dilingkungan ini, apalagi gw seangkatan sama  Brinets dan Ghea Idol, saat itu mereka perform didepan maba2 2007, sama2 pk seragam SMA, bukan cuma itu aja,, Unpad pun memecahkan Rekor main angklung 10.000 orang, lengkap dengan kedatangan Jaya Suprana nya, sehingga saat itu kami semua menyaksikan pemberian piagam MURI, sebegitu istimewanya kita yang baru masuk diperlakukan oleh Unpad..,,

didalam Granus lampu diredupkan hanya sesekali lighting menyala pada area2 tertentu,, sehingga ketika gw mngeluarkan airmata dirasa aman karena tdk ada yg melihat dan cukuplah gw yg merasakan tanpa harus diceritakan kembali,percaya gak percaya dgn saat itu, saat gw kembali mengingat titik tersulit gw saat mengerjakan skripsi,, saat gw penelitian, hampir satu tahun gw bergelut dgn dunia perskripsian, hingga gw menyiapkan kalo2 gw diinterview saat kerja nanti dan ditanya apa saat2 tersulit dalam hidup kamu, gw pasti akan memjawab "ketika saya mengerjakan skrispi", saat dimana gw tidur jam 5pagi, mengetik hanya untuk pembahasan saja sebanyak 40 lembar lebih selama satu bulan, tinta printer yg terkadang menjengkelkan, hingga permasalahan siklus menstruasi gw yg 2bulan tidak haid,, dan setelah haid kembali pun harus datang sebulan dua kali, semua itu gw laluin demi menyelesaikan sebundel skrispsi! tapi kini semuanya sudah lewat! 

kemungkinan hormon2 yang memproduksi perasaan sedih berlebih gw sedang meningkat, sehingga semua terasa begitu sangat emosional dirasakan oleh hati,, kembali mengingat makeup agar tetap cantik, gw pun berusaha agar air mata itu tidak berjatuhan saling mendahului,, yasudahh .. gw tarik kembali..mencoba menegarkan hati..,, ehmmm...rasanyaa ingin bilang "ini kenapa yaa lagu hyme unpad dan almamater cuma gw denger&dinyanyikan saat awal dan akhir aja" ,, jdi ketika menyanyikan itu semua, kisah2 lalu yg terjadi di awal gw masuk unpad semua bermunculan satudemi satuu..., ulalalalala

tidak lama dari latihan menyanyi..,, acara inti pun dibuka, 'sidang terbuka prosesi wisuda', terlihat dari layar besar bahwa Rektor Unpad akan memasuki ruangan diikuti dgn Guru-guru besar dari tiap-tiap fakultas, lengkap dengan pakaian toga, dan kalung medali berukuran besar,,merinding...! hadirin pun dipersilahkan berdiri untuk menyambut para kehormatan yang keluar dari arah pintu di bagian belakang,sehingga kita menyaksikan dari layar..

Dimulai dengan sambutan, lagu indonesia raya kemudian penyerahan ijazah oleh dekan& pemberian selamat oleh rektor, dimulai dari Fakultas Ekonomi, S1,S2,S3 , diselingi lagu dari PSM, kemudian prosesi utk FKG S1, profesi, dan giliran fakultas gw , Peternakan S1,S2 ! dan disusul terakhir oleh fakultas Psikologi.

-idem-



-Prosesi- Ucapan selamat oleh Dekan 
Bagi yang IPK nya cumlaude (= >3,51) maka setelah dibelakang namanya disebut "dengan pujian" , kalo gw?? hmm...sayangg...gw lulus cuma dengan IPK 3,32 , jadi cuma dipanggil nama saja..sewaktu Pak Dekan menyerahkan map ijazah , beliau seraya berkata "selamat ya ila, semoga sukses", gw menyambutnya dengan senyuman :) 

-Prosesi- Ucapan Selamat oleh Rektor

setelah dari dekan, bersalaman dengan Pak Rektor untuk yang pertama kalinyaa,,hihihii...,,
kemudian kita semua kembali kekursi masing2, oiya untuk naik keatas panggung sebelumnya kita sudah mengantri terlebih dahulu membuat barisan, dan menunggu nama dipanggil sambil masuk layar besar agar terlihat oleh orgtua tercinta..

setelah selesai prosesi, kemudian menyanyikan lagu hymne unpad dan almamater, kemudian satu nusa satu bangsa, mengheningkan cipta, dan yang terakhir adalah persembahan untuk orangtuaaaa.....................
aaaaa...........jadi dari masing-masing fakultas memberikan karangan bunga kepada orgtua, setiap fakultas mempunyai 2 orang perwakilan, siapakah yang berutung itu?? dy adalah orang yg memiliki ipk tertinggi, dan yang memberikan bunga itu adalah teman satu geng gw, dan duduk disebelah gw,, huhuhu....jgn ditanya gimana sedihnyaa,, ada yang sungkem, memeluk, seseunggukan, bukan hanya para wisudawan/wati tetapi juga para orgtua yg melihatnyaa,, karena setiap pemberian karangan bunga silih berganti masuk ke layar besar, begitupun bagi orgtua2 yg tertangkap kamera sedang menangis,, sedihh memangg,, rasanyaa gak karuan, lebih dari campur aduk, seraya diiringi lagu (entah judulnya apa) dari temen2 PSM,,

gw lupa disela2 prosesi tadi ada pengucapan sumpah yang diwakili oleh rekan dari FKG , ikrarnya cuma 2 point, sambil becanda sama temen,gw nanya "dikit banget,, cuma dua doang tuh?" trus temen (yg ngasih karangan bunga tdi) bilang " eeehh...dua aja belum tentu bisa dilaksanain" ,, ehmmm iyasiihh.., gw aja lupa isi ikrarnya apaan, yg gw inget mengamalkan ilmu demi kepentingan agama,nusa&bangsa, setelah itu rektor menyebutkan wisudawan/wati dgn ipk tertinggi, lulusan termuda, dan tertua, ipk tertinggi diraih oleh rekan FKG dengan ipk 3,96 ,kalo gak salah sekaligus lulusan termuda juga, 20 tahun (lupa sih)! sedangkan gelar S3 diraih oleh beliau (lupa) yg berumur 66tahun.

selesai semuanyaa,,acara ditutup dengan doa dan sidang ditutup dgn mengetok palu, dan Rektor beserta jajarannya keluar meninggalkan ruangan, setelah mereka keluar, tiba2 ada lagu U en pe a de, U en pe a de, Unpad, Unpad, Unpad, Unpad Kita bersatu, dari temen2 PSM langsung lah diikuti oleh para wisudawan/wati , aahhhhrgggg!! tambah merinding, itu lagu riang yang di awal jadi maba selalu dinyanyikan, lagu pemersatu semua fakultas, kita pun berpelukaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn, saling memberi selamat kepada teman2 sebelah, menepuk2, jangan ditanyaa gw nangis atau tidak, sudah pasti air mata ini menganak sungai dengan deras, tiba2 sajaa dari atas keluar gelembung/bubble seperti gelembung sabunn, ditambah laser ijo membentuk pola lingkaran bergerak2 diatap, menambah keriuhan dan ke syahduan perasaan semua insan yang berada didalam granus.., lagi-lagi gw harus mengatakan,,, sebegitu istimewanyaa Unpad memperlakukan kita semua , bahkan ketika moment2 pelepasan seperti itu dibuatnya semua dengan sesempurnaa mungkinn,, 

ternyata moment 4tahun diUnpad ditutup dengan 2jam ceremonial terindah beserta teman2 tercintaa..., kita pun bersedakan menuju keluar granus, gw yakin yg wisuda saat itu yg pertama ingin ditemui adalah orangtua, mengingat persembahan karangan bunga kepada orgtua tadi, dan orgtua pun sepertinya sudah tidak sabar ingin menciumi anaknya ketika bertemu,  entah mengapa perasaan gw begitu gampang terhanyuutt ketika melihat mereka yg berpelukan dgn orgtuanya, lagi2 gw menangis ketika mengantri keluar,,tapi anehnya saat gw bertemu orgtua,kemudian mereka menciumi gw, tp tdk nampak airmata gw setetespun, yg ada hanya tawa bahagia. :))

Hujan seakan ingin mengucapkan selamat kepada kita semua saat itu, dengan turut datang membahasi bumi dari langit,, menambah kesejukan hati bagi jiwa, menyirami sebuklet dan sekuntum mawar persembahan untuk yg tersaayang..

Unpad itu sesuatu...
sesuatuu yang memberikan arti dari setiap pelajaran,
pelajaran mengenai ilmu, kehidupan, percintaan, dan arti rasa sebuah syukur
memaknai kehidupan dari yang terkecil hingga yang terbesar..
Unpad itu sesuatu yang istimewaa dalam hidupku..


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...