Minggu, 24 Juli 2011

Marhaban Yaa Ramadhan #2

kali ini gw akan bercerita Buka Puasa dari tahun pertama gw ngekos..,yuhuuuu.........., siap? siap nginget2 memori atau bersenggolan memori yang mengaitkan satu sama lain? huks.huks :'( (apadeh gw)

Buka puasa tahun 2007, ini pengalaman pertama gw mengetahui bahwa fenomena gerbang berubah drastis dari yang biasanya, waktu itu gw statusnya masih maba (mahasiswa baru) seminggu baru kuliah udah langsung puasa, kalo gak salah puasa waktu itu tanggal 12 september, 12 malem13, kok gw bisa inget ya? soalnya tanggal 12 september itu tanggal jadiannya gw sama mantan gw dlu (120904), pas tanggal 12 itu jg mantan gw ngsms, (ah sudahlah, jangan jadikan sebagai kode kegalauan). Biasanya pulang kuliah sore waktu itu jam5an, terus gw sama temen2 kampus suka sengaja ngabuburit jalan dr kampus ke gerbang, nahh tauu apa yang terjadi digerbang lama unpad ?? jeng..jengg..jengg,,, disana pintu gerbang dibuka, dan itu pertama kalinya gw ngeliat pintu gerbang dibuka selebar itu kanan kirinya,, terus pedagang nambah 10 kali lipat lebih banyakk, aw,aw,aw amazing banget lah, yang biasanya kita hapal pedagang sehari2 digerbang, kini banyak wajah2 baru, belum lagi pas liat tajil2 yang dijajakan, bikin nelen ludah mengusap peluh (lebay dikit), aaaaaa---rasanya mau semuaa , mau buka saat itu juga, dan untungnya kosan gw deket banget sama gerbang cuma 200m kayanya .., setengah jam sebelum buka itu gerbang isinya mahasiswa semua yang siap2 menunggu buka, gtau deh itu pada puasa semua apa cuma mau meramaikan gerbang aja :), ahh pokoknya gak bisa dibayangin gmna ramenya, euforianya mahasiswa yg mau buka puasa ke gerbang berasa mau nonton final piala dunia  gitu deh, dan pastinya jalanan jadi macet seketika, kita bisa jadi tontonan penghuni kendaraan, biasanya disini kita bisa nemuin temen2, senior atauh bahkan gebetan, setiap pedagang selalu diisi dengan masing2 kubu fakultas, sambil ngobrol2, ketawa2, nah semakin keras ketawanya semakin tua tingkatannya, semakin banyak kubunya semakin senior dirinya (haha *ngarang*) biasanya gw dateng ke gerbang pas 20menit sebelum buka, sambil milih2 mau beli apa, yang gw suka biasanya biji salak (kolak dengan aci dan singkong yang bulet2), itu enak banget maniis.., kadang2 pisang ijo, atau es buah lebih banyak yg jualan, keliatan banget mana es buah yang enak sm yg enggak, karena antriannya sih, biasanya pas puasa suka ada es buah yang jualnya pake mobil kolbak gitu ditendain, hihii...itu ramee bgt karena dy jualannya bawa duren yg baunya mampu mengalihkan pandangan dan  mengganggu kesejahteraan cacing2 diperut, buahnya jg lebih banyak, harganya mulai dari 4000an sampe 7000 kayanya (lupa), nahh sampe jam setengah 7 itu gerbang suka penuh terus, tapi selama semester 1 gw gak pernah buka digerbang, karena jamannya maba kalo keluar selalu bareng2,cari makan bareng2, sampe ke warnet pun bareng2 >.<'! , jadi kita selalu bawa bukaan kekosan n buka dikosan. kadang gw mikir itu orang2 yang buka puasa digerbang emangnya gak pada solat magrib apa ya?semua orang (kebanyakan) termasuk gw, klo abis buka itu ya makan (main course), karena klo makan jam 8an tukang dagang makanan berat biasanya udah pada abis, makanya gw selalu buka dikosan..

tahun 2008 ini puasa pertama sama pacar, selama puasa thn ini hampir gak pernah buka puasa digerbang bareng pacar seperti rutinitas kebanyakan orang, kita buka masing2 dulu, abis itu solat magrib, abis solat langsung cari makan bareng, kadang2 nemenin pacar jg sih buka puasa digerbang kalo gw lagi gak puasa, trus pernah juga buka puasa digerbang solat magribnya di mushola bungamas, salah satu kosan depan gerbang lama unpad, nah biasanya kita ketemuan di depan jalan kosan gw, sambil pilih menu makan, dan itu bisa dibayangkan penuhnya kaya apa??? grrr.....pokoknya semakin dekat gerbang semakin ramee deh.., seneng sih berasa jaman PMB (penerimaan mahasiswa baru) lagi, tapi terkadang gw mikir seandainya keramaian ini sama seperti keramaian ketika mau solat tarawih.., nah pas tahun 2008 gerbang unpad lagi direnovasi gak sefantastis n seamazing dulu lagi, karena banyak pasir dan semen dimana2, bata2 yang udah mulai diruntuhin, koq bisa?? iya karena saat itu unpad mulai membenahi lahannya untuk dibuat one way yang hasilnya seperti sekarang ini, tapi tetep gak ngurangin "kesakralan" orang2 untuk buka bersama digerbang,

tahun 2009, gw udah pindah kosan nih,, jadi pas buka puasa harus lebih awal datang kegerbang, karena jarak dari kosan gw ke gerbang lumayan jauh, kudu nyebrang juga lagi, terkadang gw harus sampe buka puasa dijalan karena udah magrib duluan :), ah pokoknya nikmat deh kalo udah buka, rame, seneng dan pastinya alhamdulillah, seperti biasa, gw selalu misah cari bukaan sama temen nanti ketemu pas sama pacar pas makan malemnya aja, yah pokoknya gjauh beda deh sama sebelumnya. Tapi pas tahun ini gerbang udah mulai "rapi" bahkan jalan yang one way sekarang udah hampir difungsikan sebagian, dan udah hampir selesai, jadi kita buka puasa dilewatin sama mobil,bus2 yang biasa lewat depan unpad, trus udah dibuat koridor bagi pejalan kaki, diminggu2 pertama pedagang masih menempati area seperti tahun2 sebelumnya, tapi pas minggu2 selanjutnya pedagang jadi masuk ke koridor pejalan kaki yang terhalang pagar besi dan bata, pas tahun ini agak kurang "kesakralannya", dan yang datang pun gw rasa jadi sedikit, karena mereka bingung mau ngobrol dimana? denan koridornya itu memanjang, kalo jaman dulu kan berhadap2an jadi kesempatan untuk nggebet dan digebet makan bareng pun masih memungkinkan ;), 

tahun 2010,, masih mau lanjut gak?? apa? masih..okelah..., tahun ini benar2 udah ganti baju gerbangnya, jalan udah berfungsi 100%, gada sebutan gerbang lama lagi, karena gerbangnya pun sudah musnah.., tahun ini pedagangnya pindah ke tempat pedagang harian terus tambahan pedagang lainnya ada didepan pedagang harian jadi gak enak deh, jadi sepi, terus malah jadi ada tempat parkir motornya gitu,,hahaha...yaa begitulah.., gw aja buka digerbang bisa diitung berapa kalinya,, tapi pedagang2 yg biasanya ada didepan toko2 sih tetep ada, mereka gak berubah..,kadang gw ngerasa beruntungnya jadi 2007 masih bisa ngerasain warisan tradisi leluhur fenomena gerbang lama, *menghela napas, sesenggukan*
okee, sek foto2nya yah..
ini foto waktu tahun 2009 malem nya setelah selesai buka puasa sekitar jam setengah 7an, waktu itu gw buka puasa nemenin pacar , dan gw lagi gak puasa kalo gak salah..
nah begininih gerbang waktu tahun 2009, jalanan udah hampir selesai, cuma belum berfungsi ,liat gak arah sana agak kosong itu biasanya sama2 diisi sama pedagang, tapi biasanya yg paling rame emang arah yang menghadap kita ini, waktu itu pernah ada mobil lewat situ hahahah, kebayang gimana ngebulnya, terus kesini2 jalan koridor itu udah selesai udah dibata jadi pedagangnya masuk deh kedalam koridor, gda yg diluar lagi.

ini jalan waktu masih 2 arah gitu nah semakin kekanan (arah foto) itu masih banyak pedagang lainnya..

ini sama seperti yang diatas, oiya foto ini gw ambil dari bintang pujasera, gw emang suka ngeabadiin moment2 kayagini, gak harus punya kamera bagus untuk jeprat jepret, karena yg gw ambil adalah esensinya, sejarahnya, dan waktunya yang pasti, nyesel sih kenapa gak dari awal2 semester gw punya hobi kayagini (mengabadikan setiap moment), tapi seenggaknya koleksi foto2 gw dari semester 2 udah banyak dilaptop, hahaha *ah pasti abis ini banyak yg minta* (kege-eran), dan yang terpenting sekarang gw udah punya pocket kamera yang bisa gw bawa kemana2 :), selanjutnya foto tahun 2008 ya, tahun 2010 gw gak punya :(, cek,beybi cek ..!
nah ini foto jaman gerbang tahun 2008? terus apa maksudnya  ada segerombolan mahasiswa pake almamater? sebenernya ini foto dokumentasi waktu ade angkatan gw PMB, dan ini lagi proses pengantaran (nanti klo ada waktu kapan2 gw posting judul PMB dikampus gw), ini sebelum puasa, dan ini lg proses renovasi gerbang tahun pertama, liat jalannya banyak yang janggal, harusnya disamping motor itu bata perbatasan antar jalur kanan-kiri, tapi sebagian udah dibongkar, saat itu keadaan jadi mencekam gak karuan, sampah disana sini, preman berkeliaran, dan mahasiswa demo menjadi2, hahahaha, bohong abiss !! waktu itu jadi ngebul gitu deh, trus kalo udh ngebul pasti panas berangin (apa kebalikan?)

 nah inijuga samaa...,fotoi ini diambil sekitar jam 3an gitu, waktu itu gw masuk divisi pubdok, jadi banyak foto 2008 yang gw punya (pasti banyak yg minta lagi deh ni kayanya, :p)
jangan perhatiin orangnya , tapi perhatiin sekitarnya,,haha..nah itu sebagian udah dibongkar untuk pelebaran jalan, meski sekarang pembatas jalur masih tetap ada, tapi itu udah kena sentuhan tangan2 tukang bangunan n gada sejarahnya lagi, eh sejarah sih masih ada, cuma tinggal sisa2nya mungkin, entah itupun..

sekiaannn....#2 nya, tunggu kelanjutan #3 nyaa,, 

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...